Janet, Atlet Softball Balikpapan. Awalnya Malu, Ada Teman Jadi Mau.

BALIKPAPAN –  Dengan berolahraga tubuh akan semakin sehat dan kuat, prinsip ini lah yang dijalani Janet Karina Asih (16), remaja kelahiran Balikpapan, 13 November  tahun 2000.  Janet, nama panggilannya merupakan atlet Softball dari Tim Softball Ketonggeng, Balikpapan.  Apa itu Ketonggeng?

Ketonggeng menurut dara yang bertempat tinggal di Klandasan Ilir, Pasar Baru, Balikpapan ini, ialah binatang seperti kalajengking  namun memiliki cambuk (sengat) dibelakangnya.   Janet, mulai bergabung di tim softball Ketonggeng  Balikpapan, sejak 6 September 2013.

[slideshow_deploy id=’6290′]

Di tim Ketonggeng, Janet berposisi sebagai Pitcher ( Pelempar Bola), di setiap sesi latihan ia diharuskan melemparkan bola minimal sebanyak 100 kali. Saat ini Janet sedang di fokuskan untuk mendalami tehnik lempar bola Fast Ball ( Bola Cepat) salah satu gaya lempar di softball yang bisa mematikan Batter ( Pemukul Bola) dengan kecepatan .  ­Biasanya tim Ketonggeng berlatih softball di lapangan tiga, Lapangan Merdeka Balikpapan setiap hari ,  Senin, Rabu, Jumat dan Minggu.

Foto Copyright : PT BKP Sinema Balikpapan.

“Kalo Latihan di lapangan tiga, di Lapangan Merdeka, Aku posisi sebagai Pitcher ( pelempar) minimal 100 kali  lemparnya, masih dilatih  gaya lempar  biasa, fastball,” katanya.

Meski padat dengan jadwal latihan  Softball , Janet tidak lupa untuk  mempriroritaskan pendidikannya. Ia merupakan siswi  kelas 2 , SMK Negeri 3 Balikpapan Jurusan Administrasi Perkantoran. Memang jurusan yang diambil  berbanding terbalik dengan aktivitasnnya sebagai atlet softball namun Janet tetap rajin dan semangat  untuk bersekolah. Menyandang status sebagai atlet softball Balikpapan, Janet masuk ke sekolah SMK N 3  lewat jalur prestasi sebagai atlet dan  juga bina lingkungan.

“ Kemarin  masuk SMKN 3 lewat jalur prestasi dan bina lingkungan , sebenarnya kemarin  juga sudah di terima di SMKN 2 lewat jalur prestasi, tapi karena sudah diterima di SMKN 3 dulu, ya pilihannya ke SMKN 3” ungkapnya

Foto Copyright : PT BKP Sinema Balikpapan.

Awal mula Janet terjun di cabang olahraga softball karena memang  tuntutan dari orang tuanya, mulanya ia enggan ikut cabang olahraga softball karena malu.

“Kemarin itu disuruh orang tua,  pertamanya malu- malu karena ngga ada yang kenal , tapi karena ada teman yang ikut , aku jadi mau,” jelasnya.

“ Kalau lagi males latihan yang marah duluan pasti  mamah,” tambahnya

Prestasi tertinggi yang pernah diraih  Janet sebagai atlet softball, Balikpapan ialah meraih juara 3 di ajang Pekan Olahraga Provinsi di tahun 2014 yang digelar di Samarinda.

Kalau soal kuliner,  Janet yang punya cita-cita sebagai atlet softball nasional ini,  paling suka dengan menu ayam goreng dan paling suka nongkrong di kantin sekolahan.

[slideshow_deploy id=’5821′]

Janet yang mengidolakan , Syehan Rahmani (Atlet softball perempuan, Red Fox Bandung ) juga memberikan tips bagi anak muda Balikpapan  untuk ikut berprestasi dengan menjadi atlet cabang olahraga di Balikpapan

“Ya kalo bisa banyakin olahraga,  dengan olahraga  kita jadi sehat, terus jangan malu untuk  menjadi atlet  cabor (cabang olah raga) yang ada di Balikpapan,” ungkapnya.

Janet yang masih duduk bangku kelas 2 SMK , saat ini sedang fokus untuk mengikuti Ujian Akhir Semester 2.  Semoga sukses ya, Janet.

IG :  janetkarsh

(Tim)

Facebook Comments
  •  
  •  
  •  
  •